Senin, 19 Maret 2012

3 (Tiga) Teknologi Internet Dasar

1. Wifi
Wifi (Wireless Fidelity) adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirimkan data. Frekuensi yang digunakan WiFi berada pada spectrum 2,4 GHz. Kemampuan WiFi untuk mengakses Internet hingga 11 Mbps ata 5x lebih cepat dari akses Internet menggunakan 3G. Agar komputer kita terhubung dengan ke Internet menggunakan WiFi, komputer kita harus dilengkapi dengan WiFi Card atau telah mendukung teknologi WiFi. Selain itu, kita juga harus berada pada lokasi dimana tersedia sinyal WiFi atau sering disebut dengan Hotspot atau Titik Point.
Tiga komponen dalam sebuah lokasi hotspot, yaitu :
a. Access Point (titik akses) adalah perangkat yang menghubungkan teknologi Wireless LAN dengan Ethernet yang terdapat di komputer.
b. Access Controller (pengendali akses) adalah perangkat yang berfungsi sebagai alat autentifikasi.
c. Interet Link adalah perangkat yang menghubungkan lokasi-lokasi hotspot dengan Internet.
Kelemahan dari WiFi adalah akses hanya dapat dilakukan pada daerah sejauh 100m dari titik point. Kelemahan lain yaitu masalah keamanan data.

2. Jaringan komputer (LAN)
Mengakses Internet menggunakan jaringan komputer lokal adalah menghubungkan komputer ke Internet melalui sebuah server jaringan lokal yang terhubung ke Internet. Untuk dapat terhubung dalam jaringan komputer diperlukan sebuah alat yaitu kartu jaringan (LAN Card).
Keuntungan akses Internet menggunakan jaringan komputer lokal adalah biaya akses yang lebih murah karena biaya akses dibagi untuk beberapa komputer. Sedangkan kelemahannya adalah jika sedang melakukan akses yang banyak, akses akan menjadi lambat, terlebih jika Bandwidth yang ada terbatas.
Kecepatan akses Internet menggunakan jaringan komputer lokal mencapai 100-1000 Mbps.
3. Saluran telepon langsung (Dial-up)
Menghubungkan komputer ke Internet dengan menggunakan saluran telepon rumah merupakan cara termudah untuk mengakses Internet. Untuk melakukan akses Internet dengan menggunakan Dial Up diperlukan sebuah alat yaitu Modem yang terpasang di komputer.
Kecapatan akses Internet dengan menggunakan Dial Up mencapai 56 Kbps.
Kelebihan dari koneksi Internet menggunakan Dial Up yaitu jaringan yang luas.
Sedangkan kekurangan dari akses Internet menggunakan Dial Up yaitu harga yang masih relatif mahal,
Kecepatan akses Internet yang tidak stabil dan sangat tergantung pada beban percakapan di jaringan telepon,
Serta mobilitas akses yang mengharuskan kita tetap berada pada satu tepat. 

source : http://arliyanatik.blogspot.com/2010/10/koneksi-internet.html


Skema terbaik sarana/prasarana Lab Internet Dasar


             Laboratorium Internet Dasar Universitas Gundarma adalah laboratorium yang disediakan kampus untuk memberikan ilmu tentang dasar-dasar internet kepada seluruh mahasiswa dari berbagai penjurusan. Tetapi laboratorium yang sering digunakan ini masih jauh dari standar laboratorium komputer lainnya. Fasilitas yang masih tidak memadai tentunya.
            Untuk laboratorium dimana komputer dan jaringan koneksi internet adalah hal terpenting dalam praktek ini masih sangat tidak layak. Jumlah komputer tidak memadai untuk praktikan yang tiap shift-nya bisa mencapai 20 orang. Seharusnya kampus menyediakan 1 komputer untuk setiap praktikannya. Komputer-komputer yang sudah tidak bisa dipakai, alangkah lebih baik jika disingkirkan dari meja praktikan, karena kondisinya yang sudah tidak bisa digunakan malah jadi pengganggu di ruang praktek, atau bisa di betulkan sehingga bisa berfungsi kembali.
            Alat pengeras suara untuk tutor yang sedang memberikan pelajaran juga saya rasa dibutuhkan di ruang praktek ini. Dengan kondisi duduk yang memanjang kebelakang, pengeras suara berfungsi agar praktikan yang berada di barisan belakang masih tetap bisa menyimak apa yang tutor bicarakan dengan seksama.
            Pengecekan praktikan sebelum praktikum dimulai. Sebelum praktikum dimulai lebih baik praktikan di cek kelengkapannya terlebih dulu. Supaya praktikum berlangsung lebih efektif.
            Menurut saya cukup beberapa hal diatas saran agar lab internet dasar kampus kita bisa lebih maju lagi. Maaf kalau ada kata-kata yang kurang sopan. Saya hanya memberi masukkan agar terjadi perubahan di laboratorium internet dasar. Terima kasih.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar